Selasa, 19 Februari 2013

Angel Beats! Review


My personal rating: 9.0/10
Jumlah episode: 13 
Genres: slice of life, action, comedy, drama
Themes: after life, school

Plot

Anime ini berlatar belakang di sebuah sekolah afterlife (dimana semua orang di sekolah ini sudah meninggal) di mana para siswanya belajar untuk menghilangkan beban sisa-sisa atau penyesalan dari kehidupan sebelumnya, sebelum mereka melanjutkan ke kehidupan setelah kematian atau reinkarnasi. 
Luka dan kematian tidak ada di tempat ini, walaupun orang-orang di sekolah afterlife ini masih bisa merasakan sakit atau hal lain seperti yang mereka lakukan ketika mereka masih hidup, mereka juga dapat mati lagi, hanya kemudian akan tersadar kembali beberapa saat kemudian tanpa luka (semacam regenerasi/self-healing).
Cerita ini mengikuti seorang protagonis yakni Otonashi, seorang anak yang mengalami lupa ingatan mengenai kehidupannya dulu sebelum masuk ke sekolah afterlife. Setelah kebangkitan di akhirat ini, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Yuri yang mengajaknya untuk bergabung dengan Shinda Sekai Sensen (SSS)/ Afterlife Battlefront. Sebuah organisasi yang ia dirikan dan ia pimpin untuk berperang melawan Tuhan sebagai protes atas kejamnya nasib para anggota SSS dalam hidup mereka sebelumnya. Musuh mereka satu-satunya di dunia ini adalah ketua OSIS, Angel (Tenshi), makhluk dengan kekuatan supranatural yang bertempur melawan SSS. 

Review
Siapkan tissue, dan kalau bisa jangan tonton di tempat yang ramai karena dijamin kamu pasti akan mewek, or at least menitikan air mata  [hmpfh]
Anime ini punya pendalaman karakter yang cukup baik, walaupun tidak semua karakter, tapi to be realistic apa yang dilakukan oleh P.A. Works sudah cukup baik. Mereka berhasil melakukannya hanya dengan 13 episode. Walaupun saya berharap anime ini bisa punya episode lebih banyak untuk lebih jauh mendalami tiap karakternya. Seperti roller-coaster, anime ini akan membuat kamu tertawa dan menangis.. XD

Namun anime ini akan membuat beberapa penonton bingung di episode terakhirnya, karena ada beberapa hal yang masih abu-abu. Walau sebetulnya banyak spekulasi fans yg cukup logis atas ending anime ini.


SPOILER WARNING!


Di ending anime ini Angel/Kanade mengatakan bahwa ia tersesat di sekolah aftelife karena ia tidak sempat berterima kasih atas orang yang telah mendonorkan heart (saya gk yakin ini jantung/hati. tapi sepertinya jantung) kepadanya. Dan pendonor hati itu ternyata adalah Otonashi.
Yang menjadi pertanyaan adalah:
Angel lebih dulu ada di afterlife dibanding Otonashi, lalu kapan Otonashi mendonorkan Jantungnya kepada Kanade??

Apabila kita tonton anime ini lebih dari 1 kali dengan seksama mungkin akan ada beberapa spekulasi di kepala kita, saya tidak akan menjabarkan teori-teori itu disini, krn ini hanyalah sebatas review :)

Lagu-lagu yang ada di anime ini sangat banyak dan bagus, ada sebuah band fiksi yang ada di anime ini, yaitu Girls Dead Monster (GDM/Girld DeMo)


Best Song : Ichiban no Takaramono (personally) .Tapi menurut survey bigglobe di tahun 2012. Opening song Angel Beats! yaitu My Soul Your Beats masuk di urutan 9 deretan lagu anime terfavorit.
Best Character : Iwasawa & Yuri
Best Phrase : "What a shallow mind" by Shiina
Best Tear-Jerking moment : Saat Iwasawa menyanyikan "My Song"


saya merekomendasikan anime ini untuk :
-penggemar slice of life
-mereka yang sedang mencari arti kehidupan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar